28
Des
11

Wilayah KBB Punya 84.000 Lahan Kritis


Rabu, 28 Desember 2011
Pemkab tanam 4,5 juta pohon
Wilayah KBB Punya 84.000 Lahan Kritis
SINDANGKERTA,(GM)-
Lahan kritis yang tersebar di 15 kecamatan di Kab. Bandung Barat (KBB) mencapai 84.612,00 hektare. Seluas 18.716,30 hektare berada di kawasan hutan dan 65.895,68 hektare di luar kawasan hutan.

Untuk mengurangi persoalan lahan kritis ini, Pemkab Bandung Barat mengklaim sudah menanam 4,5 juta pohon sepanjang tahun 2011 ini.Klaim tersebut dilontarkan Bupati Bandung Barat, Abubakar pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional, Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon tingkat KBB di Kec. Sindangkerta, Selasa (27/12).

“Kita tentunya sangat peduli dengan lingkungan hidup. Sepanjang tahun 2011, kami telah menanam sebanyak 4,5 juta pohon,” ujar Abubakar.

Dikatakan, sebagian besar pohon tersebut ditanam di lahan kritis. “Lahan kritis menjadi tujuan utama dalam penanaman pohon. Diharapkan ke depannya lahan tersebut bisa menjadi hijau lagi,” katanya.

Karena besarnya manfaat penanaman pohon, Abubakar mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan penghijauan. “Mulailah dari lingkungan kita sendiri. Sebab dengan melakukan penghijauan di lingkungan sekitar, manfaatnya banyak sekali,” tegasnya.

Berkurang

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (Distanbunhut) KBB, Ida Nurhamida mengatakan, gerakan penghijauan yang sudah dilakukan bisa mengurangi areal lahan kritis di luar kawasan hutan sampai 4.500 hektare. “Dengan melibatkan 83 kelompok tani, luas lahan kritis di luar kawasan hutan menjadi 61.395,68 hektare,” jelas Ida.

Dijelaskan Ida, gerakan menaman pohon yang sudah dilakukan Pemkab Bandung Barat bisa meningkatkan kepedulian akan pentingnya fungsi pohon untuk menurunkan emisi gas rumah kaca serta mengurangi pemanasan global. “Lewat kegiatan ini, kita mengajak seluruh komponen bangsa untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk merehabilitasi hutan dan lahan,” paparnya.

Ida mengatakan, penanaman pohon lahan kritis bisa mencegah berbagai bencana alam seperti banjir, longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan. (B.84)**


1 Response to “Wilayah KBB Punya 84.000 Lahan Kritis”


  1. 1 Pyan Sopyan Solehudin
    Januari 5, 2012 pukul 11:13 pm

    Bandung Barat yang ingin memodernisasi, atau mem-postmodernisasi dengan tata kelola Good Governance tak perlu bertolak belakang atau mengancam Lingkungan Hidup. Pertambahan penduduk KBB, seperti saya yang bermigrasi dari Tasikmalaya ke kampung Pangauban mungkin akan membuat lahan tanah menjadi kritis.

    Saya pun belum tahu bagaimana rancangan tata kota dan pertamanan (RTRW) KBB satu tahun kedepan, lima tahun kedepan, sepuluh tahun kedepan. Selain karena ini menyangkut segala aspek manusia KBB, juga terpenting menyangkut saya dan anak keturunan saya yang akan tumbuh kembang di KBB. salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


sadar awal

S = Sadarilah dimana kamu berada U = Untung malang ada pada ketenanganmu R = Rasa takut harus kamu kuasai V = Viva hidup hargailah ia I = Ingatlah dimana kamu berada V = Vakum atau kekosongan isilah segera A = Adat istiadat harus kamu kuasai dan hormati L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

hiruphurip

pilihan

tnk's u

  • 59,561 hits

%d blogger menyukai ini: