06
Feb
11

Industri Kerajinan Berperan Penting dalam Perekonomian Nasional


Praktisi kerajinan Jabar Abdul Sobur mengatakan industri kerajinan memiliki peran penting dalam perekonomian nasional.

Khusus untuk jenis kerajinan di luar mebel, mengutip data BPS, kaat Sobur, telah mencapai 500.000 dolar Amerika Serikat. Jumlah tenaga kerja tenaga kerja langsung yang terserap mencapai 449.246 orang, dan tenaga kerja tidak langsung, sebesar 2 juta orang.

Menurut Sobur, diperlukan sejumlah upaya serius untuk mengembangkan industri kreatif, baik untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, produksi mebel diharapkan dapat meningkat rata-rata 10% per tahun, dan nilai ekspor meningkat rata-rata 10% per tahun.

Untuk mencapai target tersebut, maka dibutuhkan sejumlah persyaratan, di antaranya meningkatkan kemampuan desain dan finishing produk. Sementara, untuk jangka menengah, ditargetkan nilai ekspor mebel tumbuh rata-rata 15% per tahun serta target peningkatan investasi baru rata-rata 10% per tahun.

Pengembangan industri kerajinan, sambung Sobur, menghadapi berbagai kendala dan tantangan, baik dalam bahan baku, desain, pemasaran, ketenagakerjaan, iklim usaha, permodalan dan teknologi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kata dia, perlu startegi pemasaran yang kreatif. Selain itu, dari segi produk, desain harus dibuat unggul dan teknik produksi juga perlu dibakukan.

Strategi pemasaran yang perlu dilakukan antara lain : memilih target pasar yang sesuai dengan produk yang dimiliki dan memilih segmen pasar yang sesuai dengan karakter dan kemampuan produksi yang dimiliki.

Sementara Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Jabar Agus Gustiar mengatakan, produk industri kreatif Jabar seperti kerajian daerah, mulai dilirik masyarakat luar negeri. Bahkan sejumlah pelaku industri tersebut telah mengekspor produknya ke luar negeri.

Sumber: Pikiran Rakyat


0 Responses to “Industri Kerajinan Berperan Penting dalam Perekonomian Nasional”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


sadar awal

S = Sadarilah dimana kamu berada U = Untung malang ada pada ketenanganmu R = Rasa takut harus kamu kuasai V = Viva hidup hargailah ia I = Ingatlah dimana kamu berada V = Vakum atau kekosongan isilah segera A = Adat istiadat harus kamu kuasai dan hormati L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

hiruphurip

pilihan

tnk's u

  • 59,560 hits

%d blogger menyukai ini: