20
Jan
11

Kampanye Anti-Rokok Lebih Efektif Pakai Gambar


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyak penelitian menunjukkan bahwa peringatan kesehatan berbentuk gambar lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman tentang resiko merokok daripada bentuk tulisan. Namun di Indonesia peringatan berbentuk gambar atau disebut pictorial health warning (PHW) hingga saat ini belum diterapkan.

Dekan FKM UI, Bambang Wispriyono, dalam sambutannya dalam seminar bertema ”Peringatan Kesehatan Berbentuk Gambar, Mendorong Kemandirian Untuk Hidup Sehat” memaparkan jatuhnya korban adiksi rokok sulit dibendung ketika masyarakat tidak mendapatkan informasi dan edukasi yang jelas dan jujur.”Informasi yang cukup membuat masyarakat mampu mengambil keputusan terbaik bagi dirinya,” tutur dia di Jakarta, Selasa (11/1). Edukasi dan informasi itu termasuk peringatan bergambar.

Di Singapura akibat penetapan peringatan berbentuk rokok dalam bugkus rokok, 1 dari 6 perokok mengaku mereka tidak lagi merokok di depan anak anak. Sementara di Thailand, lebih dari 50 persen mengatakan peringatan kesehatan bentuk gambar membuat mereka berpikir tentang risiko kesehatan.

Sedangkan hasil studi Pusat Penelitian Kesehatan UI, jelas Bambang menunjukan hampir 50 persen responden tidak percaya akan isi peringatan bahaya rokok yang berlaku saat ini dengan alasan tidak terbukti. Dan sekitar 26 persen perokok mengaku peringatan itu tidak memotivasi mereka untuk berhenti merokok kendati percaya dengan pesan peringatan. Dan responden sisanya tidak bisa berhenti karena kecanduan.Di sisi lain studi itu juga memaparkan bahwa sepertiga jumlah perokok menginginkan gambar yang informatif dan lebih menyeramkan. |Source : Yahoo News Indonesia.

0.000000 0.000000

Filed under: Arround Program Kesehatan Tagged: | , , , , , , , , ,


0 Responses to “Kampanye Anti-Rokok Lebih Efektif Pakai Gambar”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


sadar awal

S = Sadarilah dimana kamu berada U = Untung malang ada pada ketenanganmu R = Rasa takut harus kamu kuasai V = Viva hidup hargailah ia I = Ingatlah dimana kamu berada V = Vakum atau kekosongan isilah segera A = Adat istiadat harus kamu kuasai dan hormati L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

hiruphurip

pilihan

tnk's u

  • 59,561 hits

%d blogger menyukai ini: