17
Jan
11

50 CARA MENGHADAPAI STRESS


Yang namanya stress sudah jadi bagian hidup sehari-hari. Ada yang berhasil mengatasinya, tapi tidak kurang pula yang terjebak didalamnya.

Berikut ini ada 50 cara untuk mengatasi stress dari Dr. Andrew Slaby, direktur medis RS Jiwa Fair Oaks di Summit, New Jersey AS.

1. Kenali gejala stress. Apakah anda banyak minum minuman keras, mudah jengkel atau kehilangan gairah seksual, kurang nafsu makan atau senang menyendiri ? Jika benar, bertindaklah segera.

2. Hindari kafein, karena kafein akan mempercepat debaran jantung dan menaikkan tekanan darah anda. Minumlah multi vitamin untuk melawan stress.

3. Kurangi garam, terlalu banyak garam akan menyebabkan penumpukan-penumpukan cairan tubuh, yang dapat membuat orang cepat marah dan menimbulkan tekanan darah tinggi.

4. Makan yang teratur, kalau anda tidak makan siang atau makan malam, tingkat gula darah akan menurun dan anda akan uring-uringan atau gelisah.

5. Delegasikan wewenang. Mintalah bantuan orang lain jika pekerjaan menumpuk.

6. Jangan menahan kemarahan. Diskusikan masalah yang dihadapi dengan teman.

7. Jangan suka menunda-nunda. Hal itu akan menimbulkan stress.

8. Belajar santai. Duduk dengan tenang, pejamkan mata dan kendurkan otot-otot dari kepala sampai kaki 2 kali sehari.

9. Peliharalah rasa humor. Tertawa itu amat manjur untuk menghilangkan ketegangan.

10. Lupakan masa lalu. Terus mengungkit-ungkit kesalahan, hanya membuat kita bingung dan gelisah.

11. Bersikap sopan santun. Sikap ramah tamah sering dapat mengurangi konflik.

12. Hadapi kenyataan. Ada hal yang memang tidak bisa diubah, sehingga jangan membuang-buang energi dengan marah-marah.

13. Pasang sasaran kecil yang realistis sebagai batu loncatan untuk mencapai yang besar.

14. Bersikap penuh inisiatif, jangan hanya diam menunggu.

15. Ambil keputusan. Kita tidak begitu stress jika telah mencoba tetapi gagal, daripada jika tidak berbuat sama sekali. 16. Berolahraga secara teratur. Jalan cepat merupakan penghilang stress yang paling manjur.

17. Imajinasi. Situasi yang sangat menegangkan lebih dapat ditanggulangi bila kita sebelumnya telah mengantisipasinya, dan membayangkan apa tindakan terbaik untuk menghadapi situasi itu.

18. Beristirahat dan bersantailah. Beristirahatlah beberapa kali dalam sehari.

19. Keluarkan unek-unek anda. Kalau ditahan bisa timbul stress.

20. Hati-hatilah dalam memilih teman. Pilihlah yang memiliki sikap hidup positif. 21. Pijat ajan sangat berguna terutama pada otot-otot bagian leher dan pundak.

22. Cari upaya untuk mengurangi stress. Contohnya, berbekal buku bila ada janji dengan seseorang untuk mengisi waktu bila ia terlambat, atau ajak teman untuk mengawani jika anda sedikit gugup bertemu dengan orang-orang yang kurang anda kenal di suatu pesta.

23. Bantulah orang lain, biasanya mereka akan membalas pada saat anda membutuhkannya.

24. Sadarilah kelemahan anda. Hanya dengan cara begitu anda dapat mengetahui kapan anda bakal membutuhkan pertolongan

25. Jauhi alkohol. Meskipun tampaknya membuat anda bersemangat. Alkohol sebetulnya membuat anda tertekan

26. Berdandanlah, jangan slebor. Orang yang tampil rapih biasanya lebih bahagia.

27. Jangan ngebut terus. Jadwalkan waktu untuk membaca, menelpon kawan atau sanak saudara, dan untuk bercengkrama dengan keluarga.

28. Antisipasikan masalah. Kejutan yang mengesalkan akan menimbulkan stress.

29. Ciptakan kerutinan. Anda akan menghemat energi.

30. Lakukan pernafasan relaksasi. Mudah kok!

31. Jauhi gosip. Mengobrol dengan kawan-kawan memang mengurangi stress, tetapi sok tahu dalam masalah orang lain akan menciptakan musuh.

32. Beranilah berkata tidak . Tanpa kecakapan ini anda tidak mungkin merasa punya kontrol terhadap hidup anda.

33. Bersikaplah luwes. Ada banyak cara mengerjakan sesuatu.

35. Kencan yang romantis juga melarutkan stress.

36. Hati-hatilah menggunakan obat. Ada obat yang bila salah pakai bisa bikin orang loyo dan hilang konsentrasi.

37. Carilah tempat tumpahan emosi jika perlu. Membicarakan masalah dengan seorang yang dekat dengan anda, seringkali dapat menolong.

38. Hiduplah teratur, kehidupan anda lebih mudah diramalkan.

39. Amati gejala pada tubuh anda. Langsung pergi ke dokter atau psikolog jika stress atau depresi berkepanjangan menghinggapi anda.

40. Biarkan pembantu menerima telepon saat istirahat anda di rumah.

41. Berlatihlah dulu untuk menhgadapi situasi yang menegangkan. Dengan demikian anda bisa merasa siap.

42. Melamun kadang-kadang. Beberapa menit lari dari pekerjaan bisa berarti luar biasa.

43. Berlatih yoga. Banyak orang menganggap yoga merupakan upaya relaksasi yang paling sempurna.

44. Hindari jalan macet dan jangan terlalu sering bepergian tanpa rencana.

45. Manjakan diri anda dengan mandi air hangat yang cukup lama. Kalau bisa berendam lebih baik lagi.

46. Ubahlah warna-warna ruangan. Yang paling santai adalah biru muda, dadu dan warna-warna tanah.

47. Kurangi kegaduhan dengan mengisolasi sekeliling pintu dan jendela.

48. Jangan membawa pulang pekerjaan. Belajarlah untuk memisahkan dua hal dalam hidup anda ini secara sempurna.

49. Lakukan pilihan yang realistis, jangan bekerja melebihi kemampuan.

50. Bergabunglah dengan sekelompok yang bisa memberi dukungan. Jalan keluar dari orang lain seringkali cukup berharga untuk dicoba. Cukup banyak orang yang sukses dengan hal-hal kecil jika mereka tidak tergoda oleh ambisi yang kelewat besar. Banyak orang rajin berdoa ketika sedang dalam cobaan dan menginginkan sesuatu, tapi begitu sedang bersuka cita berpikir untuk berdoa pun tidak.

Mochammad Yusuf

Ebook “Hidup Tanpa Stress”

Semua orang berpotensi terkena stress. Ini bisa positif dan bisa negatif. Akan positif kalau kita bisa menggunakan stress sebagai kekuatan berprestasi. Akan negatif kalau kita yang digunakan stress itu (victim) sehingga berlanjut menjadi depresi, distress, dan berbagai gangguan mental, spiritual, intelektual dan emosional. Tapi bagaimana caranya? Buku ini menawarkan jawaban atas pertanyaan seperti itu!

 

Entri Blog 7 Tips Mengatasi Sulit Tidur tanpa Obat Jul 19, ’10 8:00 AM
untuk
Tips mengatasi sulit tidur. Tips ini saya khususkan pada blogger yang mempunyai masalah sulit tidur dan untuk mengatasinya tidak perlu menggunakan obat-obatan yang justru akan berdampak adiktif bagi pemakainya. Dalam mengatasi sulit tidur memang ada banyak cara tetapi di postingan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi sulit tidur tanpa obat. Aktifitas kita yang padat memang terkadang memakan waktu tidur, terlebih lagi seorang blogger pemula seperti saya yang hanya dapat memanfaatkan waktu malam hari ngeblog. Sehingga  waktu untuk tidur jadi berkurang bahkan cenderung tidak teratur. Nah ketidakteraturan inilh awal mula dari sulit tidur. Tetapi masalah sulit tidur ini tidak berpenganruh pada mereka yang mudah sekali tidur. 

Akibat dari sulit tidur seperti yang sebagian teman saya alami bermacam-macam, ada yang kurang konsentrasi di siang hari, ada pula yang mengeluh badan tidak bergairan dan masih banyak lagi dampaknya. Nah saya harap sahabat dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi sulit tidur.

Ada beberapa langkah untuk mengatasi  kesulitan tidur, tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri  :

  1. Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat badan dalam kondisi siaga. Akibatnya tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudh di tentukan saat tidur dan bangun, seyogyanya dipatuhi.
  2. Apabila seseorang sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur di siang hari akan mengurangikebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya pada malam hari tidur akan sering terjaga.
  3. Tempat tidur seyogyanya hanya digunakan untuk tidur dan tidak di gunakan untuk kegiata lain. Misalnya menonton TV, Menulis dan sebagainya.
  4. Jangan menggunakan peralatan elektronik seperti ponsel menjelan tidur.
  5. Latiha olah raga dapat membantumengatasi sulit tidur. Lakukan olah raga pada sore hari atau setelah matahari terbenam.
  6. Hindari makanan minuman tertentu seperi makanan manis sebaiknya dihindari menjelang tidur, demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi.
  7. Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.

0 Responses to “50 CARA MENGHADAPAI STRESS”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


sadar awal

S = Sadarilah dimana kamu berada U = Untung malang ada pada ketenanganmu R = Rasa takut harus kamu kuasai V = Viva hidup hargailah ia I = Ingatlah dimana kamu berada V = Vakum atau kekosongan isilah segera A = Adat istiadat harus kamu kuasai dan hormati L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

hiruphurip

pilihan

tnk's u

  • 59,561 hits

%d blogger menyukai ini: