12
Nov
10

TUGU MAKAM PAHLAWAN TAK DIKENAL


Batujajar Tugu makam pahlawan tak dikenal yang memang kurang dikenal itu terletak di bantaran Sungai Citarum. Jalan menuju lokasi itu  rusak, dan bergelombang dikarnakan sekarang ini banyak truk2 pengangkut pasir yang memuat diwilayah tugu. Sebuah tangga tua akan membawa pengunjung menuju makam diatas bantaran sungai citarum.

Di sana, ada delapan nisan berbaris di samping tugu yang dibangun oleh PLN terkait dengan projek penggenangan Waduk Saguling tahun 1984 lalu. Pohon rindang dan kebun milik warga mengitari sekeliling kompleks makam pahlawan itu. Makam yang dipindahkan ke lokasi lebih tinggi dari sebelumnya itu tampak tertata rapi dan bersih.

Menurut sejarah yang dibacakan Danramil Batujajar Kapten Sudjani, delapan jasad pahlawan itu merupakan anggota Tentara Republik Indonesia (TRI) yang ikut berjuang pascakemerdekaan RI (1946-1949), pada masa perpindahan kekuasaan.

Masa itu sejalan dengan peristiwa Bandung Lautan Api, 24 Maret 1946. Tangsi Batujajar yang semula diduduki Resimen 9 yang dipimpin Letnan Kolonel Gandawijaya dan para laskar pejuang Barisan Banteng Republik Indonesia (BBRI), Hisbullah serta pelopor diperintahkan pindah ke daerah Cililin. Sungai Citarum dijadikan sebagai garis demarkasi atas instruksi Kolonel A.H. Nasution selaku Panglima Komandomen Siliwangi.

Tangsi Batujajar yang dikuasai oleh tentara Korps Speciale Toepen (KST) di bawah kepemimpinan Kapten Westerling, yang sebelumnya membantai empat ribu rakyat Sulawesi Selatan. Kebiadaban Westerling juga terjadi di Batujajar. Setiap TRI dan pejuang kemerdekaan yang tertangkap di Palagan Bandung disiksa dan dibunuh di Lapangan Tembak Artileri dan di lokasi reruntuhan jembatan Citarum yang dibumihanguskan TRI sebelum meninggalkan Bandung.

Tugu makam pahlawan merupakan aset satu-satunya kabupaten bandung barat yang harus tetap dijaga dan dirawat, karena memiliki nilai sejarah yang memang tidak dimiliki oleh daerah lain.
mudah mudahan dengan kehadiran Bandung barat satu  pada tanggal 10 November 2010 yang melaksanakan tabur bunga bersama tokoh masyarakat dan lembaga pemerintah lainnya sebagai bentuk kepedulian terhadap para pejuang bangsa indonesia dapat lebih memperhatikan keberadaan tugu pahlawan tak dikenal tersebut.

0 Responses to “TUGU MAKAM PAHLAWAN TAK DIKENAL”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


sadar awal

S = Sadarilah dimana kamu berada U = Untung malang ada pada ketenanganmu R = Rasa takut harus kamu kuasai V = Viva hidup hargailah ia I = Ingatlah dimana kamu berada V = Vakum atau kekosongan isilah segera A = Adat istiadat harus kamu kuasai dan hormati L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

hiruphurip

pilihan

tnk's u

  • 59,561 hits