04
Nov
10

Pemekaran 6 Desa Dapat Dilakukan


Kendati rencana pemekaran 6 desa di Kec. Batujajar terbentur persyaratan fisik wilayah, namun dikarenakan terpencilnya wilayah 6 desa itu karena kepentingan nasional pembangunan Waduk Saguling, maka pemekarannya kemungkinan dapat dilakukan.

Sebab dengan dilatarbelakangai adanya kepentingan dalam skala nasional, maka persyaratan fisik wilayah dapat kesampingkan. Hal ini disampikan Kasubag Pemerintahan Umum Kab. Bandung Barat (KBB), Rina Marlina, Rabu (3/11).

“Meskipun berdasarkan hasil kajian ada persyaratan yang kurang mencakup wilayah, tetapi karena pertimbangan kepentingan nasional jadi pemekaran tampaknya dapat dilaksanakan,” ungkapnya sambil menambahkan, ketentuan itu didasarkan pada pasal 9 PP No. 19/2008 tentang Kecamatan.

Dalam pasal tersebut disebutkan, pemerintah dapat menugaskan kepada pemerintah kota/kabupaten melalui gubernur selaku wakil pemerintah, untuk membentuk kecamatan dengan mengecualikan persyaratan sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 (persyataran administrasi, teknis, dan fisik wilayah).

Selanjutnya, tambah Rina, pada ayat dua disebutkan pembentukan kecamatan sebagaimana dimaksud atas pertimbangan kepentingan nasional, dan penyelengaraan tugas umum pemerintahan. “Mengenai hal ini sudah kita bicarakan juga dengan Pak Sadu (Sadu Wasistiono, Pakar Pemerintahan IPDN, red). Berdasarkan ketentuan itu, 6 desa tersebut bisa dimekarkan menjadi kecamatan,” katanya.

Sebab itu pihaknya telah memenuhi beberapa persyaratan yang kurang, untuk diserahkan ke provinsi. Persyaratan itu adalah keputusan BPD dan keputusan dari desa. Dari hasil musyawarah yang dilakukan 13 desa di wilayah Kec. Batujajar itu, pada dasarnya disepakati agar 6 desa yaitu Desa Bojonghaleuang, Cikande, Girimukti, Cipangeran, Jati, dan Saguling, untuk dimekarkan menjadi kecamatan.

Sumber : Galamedia, 04/11/2010


0 Responses to “Pemekaran 6 Desa Dapat Dilakukan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


sadar awal

S = Sadarilah dimana kamu berada U = Untung malang ada pada ketenanganmu R = Rasa takut harus kamu kuasai V = Viva hidup hargailah ia I = Ingatlah dimana kamu berada V = Vakum atau kekosongan isilah segera A = Adat istiadat harus kamu kuasai dan hormati L = Latihlah dirimu dan belajarlah selalu

hiruphurip

pilihan

tnk's u

  • 59,561 hits

%d blogger menyukai ini: